Kamis, 12 Maret 2015

Sosial Budaya

Bentuk Pokdarwis Untuk Bantu Promosi Wisata


Kota Pasuruan sebenarnya tidak kekurangan lokasi atau tempat wisata yang bisa mengundang minat para wisatawan untuk melancong. Namun sayangnya, masih sediktinya promosi dan pengenalan akan loaksi wisata di Kota Pasuruan menjadikan Kota Pasuruan kurang diminati dikunjungi para wisatawan.



Dinas pemuda, olahraga, pariwisata dan kebudayaan (dispoparbud) Kota Pasuruan menganggap potensi wisata di Kota Pasuruan masih sangat layak untuk dikenalkan. Selama ini, Kota Pasuruan hanya dikenal dengan wisata religinya yaitu makam-makam para tokoh agama. Namun, potensi wisata lainnya seperti pelabuhan, pasar mebel, dan wisata pantai masih tidak dikenal oleh masyarakat luas.
Kepala dispoparbud Kota Pasuruan Mahbub Efendi mengatakan pihaknya saat ini sudah membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) di 4 kelurahan yaitu Gentong, Bukir, Petahunan, dan Ngemplakrejo. Pokdarwis dijadikan sebagai tangan panjang dispoparbud mempromosikan potensi wisata yang ada di Kota Pasuruan.
“Pokdarwis kami bentuk di empat keluarahan itu, anggotanya adalah masyarakat yang memiliki kesadaran untuk mempromosikan potensi wisata di daerahnya. Salah satu caranya adalah mengusulkan acara-acara yang bisa mengudnang minat wisatawan berkunjung ke sana,” terang Mahbub.
Keberadaan pokdarwis nantinya diharapkan bisa membantu promosi lokasi wisata di Kota Pasuruan. Mahbub menilai, Kota Pasuruan sejatinay banyak memiliki lokasi wisata yang menarik seperti pasar mebel bukir dan bangunan-bangunan tua.
Sayangnya, upaya pihaknya untuk mempromosikan tempat-tempat wisata tersebut masih menemui kendala yaitu anggaran dan tenaga. Mahbub menambahkan, masyarakat yng tergabung dalam pokdarwis akan mempromosikan wisata di tempat mereka dengan cara swadaya.
“Mereka yang tergabung dalam pokdarwis ini bekerja tanpa pamrih membantu promosi wisata di sini. Mereka tidak mengandalkan bantuan pemerintah, artinya semua promosi yang mereka lakukan hasil dari swadaya,” imbuh mantan kabaghumas tersebut. 

Ke depannya Mahbub mengharapkan jumlah pokdarwis di Kota Pasuruan bertambah, karena itu bisa membantu pihaknya mengenalkan potensi wisata yang ada di Kota Pasuruan. “Tahun depan semoga bisa bertambah jumlah pokdarwisnya, agar kami terbantu untuk mempromosikan tempat wisata,” imbuhnya

0 komentar:

Posting Komentar