Rabu, 30 Agustus 2017

11 RAHASIA MERAIH SUKSES

PENGERTIAN KREATIVITAS
Berikut pegertian kreativitas menurut berapa ahli:
a. David Campbell mengatakan bahwa kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil sifat yang baru, berguna, dan dimengerti.
b. John W. Haefele mengatakan kreativitas adalah kemampuan membuat kombinasi – kombinasi baru yang bernilai sosial.
c. George J. Seidel mengatakan kreativitas adalah kemampuan untuk menghubungkan dan mengaitkan, kadang – kadang da engan cara – cara yang ganjil, namun mengesankan, dan ini merupakan dasar pendayagunaan kretif dari daya rohani manusia dalam bidang atau lapangan manapun.
d. Jaques Hadamard mengatakan bahwa kreativitas adalah penggabungan ide – ide
Kesimpulan: Kreativitas adalah kemampuan melakukan kombinasi sumber daya yang menghasilkan barang atau jasa yang sifatnya baru, bermanfaat, dan dapat memenuhi kebutuhan manusia  .
Kesimpulan : Inovasi adalah pengenalan hal – hal baru .
Ciri – Ciri Orang Kreatif
 Menurut David Campbell  ciri – ciri orangkreatif dibagi dalam tiga kelompok :
a. Ciri – ciri pokok . Ciri – ciri pokok orang kreatif adalah melahirkan ide,  gagasan, pemecah masalah, cara – cara baru, dan penemuan: a. Seseorang dapat melahirkan ide- ide dengan mencari jalan termudah bagi dirinya sendiri b. Seseorang dapat melahirkan ide –ide dengan mengubah kekurangan menjadi kelebihan
b. Ciri – ciri yang memungkinkan. Ciri – ciri yang memungkinkan orang kreatif adalah tindakan untuk mempertahankan ide, gagasan, dan kreativitas yang sudah dihasilkan. Hal ini dapat dilakukan melalui : a. kemampuan bekerja keras, b. Berpikir kreatif, c. Pantang menyerah
 c. Ciri – ciri sampingan. Ciri – ciri sampingan  adalah ciri yang tidak langsung berhubungan dengan penciptaan atau menjaga ide – ide yang sudah ditemukan agar tetap hidup dan berlaku dan sekaligus mempengaruhi perilaku orang –orang kreatif, misalnya: seseorang mulai bersifat angkuh, seseorang mulai barsifat tidak peduli pada orang lain( merasa mampu melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain)
Orang yang kreatif harus mengembangkan ciri –ciri pokok dan ciri – ciri yang memungkinkan saja. Sedangkan ciri – ciri sampingan selayaknya dihindari bahkan dihilangkan karena akan menghambat kemajuan seseorang.
Pengembangan Kreativitas dan Inovasi
Cara yang dapat dilakukan untuk pengembangan kreativitas dan inovasi, yaitu dengan: melihat, melihat apa yang ingin kita kerjakan, berlatih, dan terus melakukan perubahan, serta menanamkan mental pada orang kreatif.
Julius Chandra menjelasakan beberapa mental orang kreatif sebagai berikut.
a. Hasrat : mental orang kreatif memiliki hasrat untuk mengubah hal – hal di sekelilingnya menjadi lebih baik.
b. Kepekaan : orang kreatif bersikap terbuka, tanggap, dan peka terhadap segala sesuatu.
c.  Minat : Orang kreatif memiliki minat untuk menggali lebih dalam dari yang telah ada sebelumnya.
 d. Rasa ingin tahu : orang kreatif selalu mempertanyakan sesuatu agar jelas dan berguna untuk perkembangan berikutnya.
e. Berpikir mendalam : orang kreatif berpikir mendalam dan bersikap mengarahkan pemahamaman yang lebih utuh.
f. Konsentrasi : orang kreatif mampu menekuni suatu pekerjaan atau sesuatu yang dilakukannya sehingga dapat mengusai pekerjaannya.
 g.  Sikap mencoba dan melaksanakan : orang kreatif bersedia mencurahkan tenaga dan   waktunya untuk mencari, melaksanakan, dan mengembangkan.
h. Kesabaran : orang kreatif memiliki kesabaran dan ketelatenan untuk memecahkan permasalahan secara detail.
 i. Optimisme : orang kreatif memiliki sikap optimisme dan bergairah (antusias) dan percaya diri.
  j. Mampu bekerjasama : orang kreatif mampu melakukan kerjasama dan bekerja bersama   orang lain.

Orang kreatif memiliki kemampuan, kemandirian, dan ide/gagasan yang dapat muncul dari dalam dirinya (internal) maupun di luar (eksternal). Kreativitas itu bertindak kreatif yang tidak terpaku pada pemikiran baru saja, tetapi bertindak (melakukan) bukan hanya sekali, namun terus – menerus (berlatih)
KEMANDIRIAN
Seseorang yang mandiri dalam setiap tindakannya dilakukan atas kehendaknya sendiri, dengan semangat tinggi dan mempunyai rasa percaya terhadap kemampuan sendiri dan memperoeh kepuasan dari usaha yang dilakukannya.
KEWIRAUSAHAAN
Berasal dari kata wira (gagah, berani/usaha). Wirausaha : orang yang berani berusaha dan berani menanggung resiko atas usaha yang dilakukannya.
 11 Rahasia meraih sukses :
 1.Berdoa kepada Tuhan
 2.Tidak menyia- nyiakan waktu
 3.Mau bekerja keras
 4.Tidak mengikuti gengsi
 5.Jujur
 6.Pantang menyerah
 7.Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan
8.Berani mengubah nasib
 9.Sukse Yes, strees  No
       10.Berguna untuk sesama

11.Bersyukur kepada Tuhan

( ADI, 30 AGUSTUS 2017 )

0 komentar:

Posting Komentar