Senin, 14 Agustus 2017

KEMERIAHAN HUT RI DI KELURAHAN GENTONG

SEMARAK AGUSTUSAN

          Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun, seluruh rakyat Indonesia merayakannya dengan penuh hikmad, semangat dan suka cita tentunya. Hal ini dapat kita lihat kesemarakannya diseluruh penjuru tanah air. Di kiri kanan jalan, didepan gedung perkantoran, didepan rumah-rumah warga berkibar bendera sang merah putih, umbul-umbul warna-warni juga semakin membuat suasana semakin semarak. Setiap gang dan lorong dihias bertuliskan Dirgahayu Bangsaku Republik Indonesia yang semakin membangkitkan semangat patriotisme didada setiap warga Negara.

Gambaran suasana diatas juga terjadi dikelurahan gentong kecamatan Gadingrejo Pasuruan. Warga kelurahan gentong dengan antusias bergotong royong dan kerja bakti menghias masing-masing gang yang ada disekitar lingkungannya. Disetiap RT juga diadakan berbagai macam kegiatan antara lain 
berbagai macam lomba, bakti sosial, bersih-bersih lingkungan, tasyakuran dan lain-lain.
  
Salah satu kegiatan yang kami liput adalah diadakannya berbagai macam lomba di RT. 01 RW. 06 kelurahan Gentong. Kegiatan lomba ini sengaja diadakan dimalam hari dengan maksud agar semua warga RT baik dari kalangan anak-anak, remaja bahkan para ibu-ibu bisa mengikuti lomba.
Beberapa lomba yang diadakan antara lain adalah lomba kelereng, lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba menangkap belut dan lomba nyuwun tempeh. Keseruan dan kelucuan terjadi ketika peserta yang iku lomba adalah ibu-ibu, tertawa, teriak dan latah bikin suasana bertambah seru membuat penonton yang menyaksikan ikut terpingkal-pingkal. Inilah bentuk rasa syukur yang diapresiasikan oleh warga kelurahan gentong dengan mengisi dan mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Pembagian hadiah akan diberikan pada saat malam tasyakuran warga tanggal 16 malam 17 agustus 2017 habis maghrib di gang jalan utama RT di wilayah kelurahan Gentong Kota Pasuruan.                                                                                    
Gambar.1 Suasana meriah lomba makan krupuk yang diikuti ibu-ibu

 
Gambar.2 kelucuan anak-anak dalam mengikuti lomba balap karung

 
    Gambar .3 teriakan karena geli mewarnai lomba memindahkan belut kedalam botol.


     

( NDF, 14 Agustus 2017 )




0 komentar:

Posting Komentar