Kamis, 31 Agustus 2017

JALAN SEHAT, BUKAN JALAN SESAT..........

MEMBANGUN KEBERSAMAAN DENGAN JALAN SEHAT


        Umumnya orang menganggap aktivitas jalan kaki hanya sebagai aktivitas harian yang dilakukan di dalam maupun luar rumah. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa jalan kaki merupakan olahraga yang menyehatkan tubuh. Oleh karena itu, saat ini banyak digalakkan olahraga jalan sehat untuk memopulerkan olahraga jalan kaki.
Jalan kaki merupakan suatu latihan olahraga yang sempurna. Selain aman, mudah, dan murah, juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Latihan jalan sehat secara teratur dapat bermanfaat untuk mengurangi berat badan, risiko penyakita jantung, mencegah stroke, diabetes, sakit punggung, rematik, osteoporosis, dan gangguan kesehatan lainnya. Jalan kaki juga dapat menghalau stres dan depresi apabila dilakukan dengan benar.

Acara jalan sehat dapat dijadikan ajang untuk bersosialisasi. Olahraga jalan kaki dapat dilakukan sambil menikmati pemandangan sekitar, berwisata ke tempat yang menarik, berbelanja, dan banyak lagi aktivitas lain yang dapat dilakukan dengan berjalan kaki.
Dalam memperingati HUT ke 72 RI, Kel Gentong Gadingrejo yang dipelopori Karangtaruna salah satu kegiatannya adalah Jalan Sehat hari minggu 27 Agustus 2017. Perhelatan Jalan Sehat ini diikuti warga kel Gentong baik dari kalangan tua muda maupun kalangan anak-anak. Sebelumnya SDN Gentong juga mengadakan pada hari sabtu 12 Agustus 2017.
Jalan Sehat merupakan media berkumpul, olahraga ringan yang menyehatkan serta sangat efektif dalam membangun komunikasi dan kebersamaan sebagai warga masyarakat. Kekompakan dan kebersamaan merupakan modal dasar yang sangat penting dalam bermasyarakat. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan aset utama dalam kehidupan.
Untuk menyemangati partisipasi peserta, panitia telah menyiapkan berbagai door prize yang sangat manarik,.
Adapun rute Jalan sehat pemberangkatan dari Puskesmas Kel Gentong, jalan kyai Sepuh, seputar wilayah kelurahan dan terakhir masuk kembali di depan Puskesmas Kel Gentong kembali. Pelaksanaan Jalan Sehat kali ini sistem administrasinya berbeda dibanding pada penyelenggaraan tahun sebelumnya. Pada penyelenggaraan tahun setiap peserta mendaftar dan membeli kupon seharga Rp 1000,- per kupon di SDN Gentong juga sama dengan cara membeli kupon sebagai partisipasi aja sementara syarat ikut harus murid SDN Gentong.
Jalan sehat merupakan media berkumpul, olahraga ringan yang menyehatkan serta sangat efektif dalam membangun komunikasi dan kebersamaan sangat kurang baik kalau harus di isi dengan berlomba-lomba membeli kupon yang hasil penjualan kupon itu dibuat hadiah itu nantinya bukan jalan sehat tapi jalan sesat, harus kita hindari.

Tampaknya SDN Gentong sangat berhati-hati dalam hal ini pesertanya harus murid SDN Gentong bila tidak membeli kupon tetap boleh ikut hanya tidak punya kesempatan dapat hadiah.sedang di karangtaruna sebagai peserta harus warga gentong sendiri. Uang hasil penjualan kupon baik di SDN Gentong dan Karangtarunadipakai biaya penyelenggaraan sebagai shodaqoh dari murid atau peserta.

( ADI, 31 AGUSTUS 2017 )

0 komentar:

Posting Komentar