Senin, 23 Maret 2015

Sejarah KIM GENTONG MAS

LATAR BELAKANG KIM  " GENTONG  MAS"

SUKSES STORY

DASAR, TANGGAL TERBENTUKNYA KIM KELURAHAN GENTONG ;

            Adanya perkembangan informasi, komunikasi, dan tehnologi muktahir yang semakin bebas. Setiap hari jutaan informasi hilir mudik di sekitar kita, namun tidak banyak masyarakat mampu memilih dan memilah sehingga potensi informasi yang demikian besar seringkali lewat begitu saja. Adanya peristiwa banjir tahun 2008 yang menelan korban jiwa di kota pasuruan jangan sampai meluas di wilayah kel Gentong.Disamping kondisi riil masyarakat kelurahan Gentong yang banyak pengangguran akibat PHK dan sebagian ada yang menjadi TKI ke Luar Negeri ( khususnya ke Arab Saudi ) ,untuk itu diperlukan upaya mendorong tumbuh kembangnya Kelompok  Masyarakat Informasi ( KMI )  yang peka dan cerdas guna menyikapi perkembangan informasi yang ada.
            Atas dasar itu kemudian timbul inisiatif dari sebagian warga kelurahan Gentong   yang peduli akan lingkungan sekitar untuk membentuk suatu kegiatan Kelompok Masyarakat yang bergerak dibidang informasi seperti ” Kelompen Capir ” yang pernah ada dan dibina oleh Departemen Penerangan mulai dari Pusat sampai ke Tingkat yang paling bawah.
            Langkah pertama, kami minta petunjuk Bapak Lurah Gentong yang kemudian diarahkan untuk meminta petunjuk ke Dinas Informasi dan Komunikasi serta instansi- instansi terkait yang berhubungan dengan kemasyarakatan.
            Alhamdulillah kami mendapat respon positif dari Dinas Informasi dan Komunikasi, selanjutnya secara langsung memberikan masukan dan sekaligus membina kami. Maka pada hari; Minggu tanggal 31 Mei 2009 tepat terbentuknya Kelompok Masyarakat Informasi ( KMI ) ” Gentong  Mas ” Kelurahan Gentong yang beranggotakan  13 orang.
            Nama KIM ” Gentong  Mas ” sendiri kepanjangan dari Gencar Tolong Masyarkat mempunyai arti bahwa Kelompok ini adalah sebagai Lembaga Layanan Publik yang proaktif menolong masyarakat yang berorientasikan pada layanan informasi serta pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya     
                                                                                                    

SUKSES STORY (  KEBERHASILAN ) :


            Dari kegiatan yang meliputi pengumpulan data informasi dan kemudian dikelola dalam kelompok diskusi kemudian kami tuangkan dalam rencana kerja melalui bidang penyebaran informasi rencana kerja, kami sangat antusias sekali dalam suatu kegiatan dan dengan adanya KIM hasil pelatihan yang telah kami ikuti selalu kami diskusikan dalam kelompok pengelola informasi, dan kemudian diambil suatu keputusan untuk ditindaklanjuti dalam mengembangkan hasil pelatihan dalam suatu kegiatan bidang Usaha KIM
            Contoh :
Setelah mendapat pelatihan internet yang difasilitasi anggota KIM kami mendapat pengetahuan yang sama tentang internet sebagai dasar langkah  di KIM. Sebagai tindak lanjut dari pengetrapan hasil pelatihan internet itu kami bagi tugas masing-masing anggota untuk mencari dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta menyebarkan kepada masyarakat sesuai bidang masing-masing.
Adapun kemajuan masing-masing bidang tertuang dalam laporan kegiatan beserta lampirannya.
Hasil dari sektor riil di Kelurahan Gentong seperti di bidang peningkatan ketrampilan masyarakat adalah ketrampilah jahit-menjahit juga sektor usaha budidaya jamur.
            Dan sekarang kami merasakan betapa pentingnya informasi tersebut dalam kehidupan masyarakat. Itulah sebabnya mengapa Kelompok Informasi Masyarakat(KIM) perlu terus dibina eksistensinya, karena dengan KIM masyarakat bisa lebih terorganisir, terkonsep, memiliki arah dan masyarakat memiliki Akses dan jaringan yang lebih luas meliputi akses informasi yang lebih detailhingga jaringan ekonomi yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan komoditas.
            Dengan KIM diharapkan dapat tercipta masyarakat yang mandiri dan produktif tidak semata-mata memandang informasi sebatas informasi belaka, namun sanggup mengubahnya menjadi peluang dan inspirasi dalam membangun kehidupan yang lebih baik.Itulah dasar pembentukan dan kisah sukse KIM ” Gentong Mas ” Kelurahan Gentong Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. 

2 komentar:

  1. Semoga membawa perubahan yang menuju kebaikan..
    Mensejahterakan masyarakat tidak hanya tugas Pemerintah...tapi juga memerlukan peran serta semua elemen masyarakat......KIM ini wadahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih. do'a yang sama untuk kebaikan bersana kami mohonkan.

      Hapus