Senin, 13 April 2015

PRODUK UNGGULAN RAMAH LINGKUNGAN


                                         KERAJINAN BAN BEKAS

 (DAUR ULANG BAN BEKAS MENJADI BARANG BERNILAI EKONOMIS)


         Berawal dari kepedulian terhadap lingkungan disekitar Kelurahan Gentong, Fauzan memulai usaha dengan mendaur ulang ban bekas. Di bawah payung bisnis UD. Duta Ban, dia memanfaatkan ban bekas yang mudah didapatkan karena masih jarang orang meliriknya sebagai barang yang berguna.
Mungkin banyak orang beranggapan  bahwa ban bekas adalah barang bekas  yang tidak bermanfaat dan tidak mempunyai nilai ekonomis lagi, tapi Fauzan beranggapan lain bagaimana ban bekas itu dikelola sehingga bisa menjadi barang atau produk yang mempunyai sebuah nilai dan manfaat yang lebih dimata masyarakat luas. Dan, dengan sentuhan kreatifitasnya ban bekas yang dipandang tidak bernilai itu kemudian  menjadi sebuah ladang bisnis yang menguntungkan hingga saat ini.

UD Duta Ban adalah nama usahanya. Produknya meliputi tong sampah, pot bunga, dan meja- kursi. Semua produk dari bahan ban bekas dan memiliki beberapa model dan ukuran, produk kami memiliki daya tahan yang kuat serta tahan lama dan tahan terhadap segala cuaca, dari segi keawetan produk dari ban bekas akan lebih awet jika dibandingkan dengan produk yang sama tapi terbuat dari bahan yang berbeda.
Proses pembuatan  kerajinan dengan bahan ban bekas bukanlah hal mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang, mengingat pengolahannya yang cukup rumit. Dibutuhkan keahlian khusus untuk mengolahnya, mulai dari mengupas pelapis ban,mengiris dan kemudian menbentuk bermacam-macam produk bernilai ekonomis. Tidak sembarang orang bisa melakukannya, jika mulai dari nol paling tidak dibutuhkan waktu satu sampai dua bulan baru bisa. Saat ini pemasaran produknya meliputi Pasuruan, dan sekitarnya. Bahkan dipesan secara massal untuk mendukung program Adipura Kota Pasuruan.





0 komentar:

Posting Komentar