Minggu, 12 April 2015

Dampak Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA )

       

JADI PELAKU ATAU SASARAN BISNIS



        Toko dan restoran waralaba jaringan nasional dan internasional :  Indo maret, Alfa maret, Alfamidi,Carrefour, Giant. Restoran sejenis makanan: KFC, McD, Kebab Baba Rafi, Pizza Hut, Sejenis minuman : Kopi Pass Garden, Kopi Racerr, Teh Racik juga ada di Pasuruan bahkan sudah mereambah ke kelurahan Gentong.
         Tidak menutup kemungkinan warung tradisional pecel lele, warung lesehan, warung kopi, warung bakso, sate, nasi goreng pasar tradisional yang dulu sangat luar biasa ramainya akan muncul lagi dengan sisitem waralaba dikelola oleh orang luar negeri dibawah management,pemasaran,layanan, permodalan dan produk hingga korporasi yang mereka miliki  atau bahkan usaha itu di kembangkan hingga ke manca negara. Hal itu sebagai dampak dari adanya Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) yang dicetuskan dalam konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-9 pada 2003 di Bali untuk menjadikan ASEAN antara lain, sebagai pasar tunggal dan basis produksi serta kawasan dengan pembangunan ekonomi merata, yang semula akan dicanangkan pada tahun 2020 dipercepat pada 2015.
         Inilah salah satu contoh sederhana globalisasi dibidang ekonomi, dimana dunia yang luas ini kini diibaratkan hanya seluas 'desa'yang kemudian disebut dengan  'global village' atau desa global, desa dunia. Semua orang termasuk penduduk kelurahan Gentong berada dalam situasi ini. Bagaimana seharusnya kita bersikap dan bersiap menghadapi era global. Mau jadi pelaku atau sasaran bisnis.    

0 komentar:

Posting Komentar