Senin, 13 April 2015

PASAR MINGGU KELURAHAN GENTONG

PASAR MINGGU KELURAHAN GENTONG

Upaya Tumbuh Kembangkan Pasar UKM 

Keberadaan pasar minggu Kelurahan Gentong  kian menunjukkan eksistensinya. Tercatat sudah dua tahun berjalan sejak dibukanya areal pasar Minggu pada tahun 2013 kemaren, kian hari kian diminati pengunjung.
Selain karena faktor waktu yang diselenggarakan di hari libur, namun lebih dari itu adalah karena tempatnya yang strategis, dengan beragam dagangan yang digerai oleh UKM di wilayah Kelurahan Gentong. Tidak heran jika saat ini, Pasar Minggu menjadi salah satu jujugan belanja murah masyarakat. Tidak hanya dari wilayah Kelurahan Gentong, tapi juga daerah lain di wilayah Kota Pasuruan.
Dari sisi ekonomi, keberadaan stand Pasar Minggu tentu sangat menguntungkan. Khususnya bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Program Pasar Minggu ini memang diselaraskan dengan pengembangan wisata di Kelurahan Gentong khususnya, dan Kota Pasuruan umumnya. Apalagi saat ini, Kelurahan Gentong memiliki salah satu potensi wisata air yang cukup terkenal, yakni kolam renang Tirto Kencono.
Sejak awal dibukanya Pasar Minggu sejak tahun 2013 lalu, para peminat Pasar Minggu sudah melebihi kapasitas stand yang disediakan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Awalnya hanya ada sekitar 12 orang UKM yang membuka stand di Pasar Minggu tersebut. Tapi saat ini, sudah ada …………………………………UKM yang turut ambil bagian.
Pasar Program Pasar Minggu, biasa buka sejak pagi hingga siang hari sekitar pukul 11.00 WIB, karena kawasan tersebut harus kembali bersih pada siang harinya. Sedangkan pemasangan stand dilakukan pada sabtu siang.
Program Pasar Minggu tersebut mulai menarik minat para pelaku UKM untuk memamerkan sekaligus menjual produknya. Sebab, ide awal program Pasar Minggu adalah memberikan kesempatan pelaku UKM untuk memamerkan dan menjual produknya di lokasi yang ramai pengunjung.
Mereka menyediakan berbagai santapan kuliner, aneka aksesoris, ragam busana,
Buah-buahan, kerajinan, dan beragam produk-produk asli local Kelurahan Gentong lainnya. Saat ini, kawasan Pasar Minggu di sepanjang Jl. Raden Fatah tersebut, telah menjadi pusat aktivitas mingguan masyarakat. untuk sekadar olah raga ringan maupun jalan-jalan bersama kerabatnya.
          UKM yang mengisi Pasar Minggu Kelurahan Gentong merupakan binaan dari TP. PKK, BKM, LPM, maupun kelurahan. Sosialisasi terbuka kegiatan Pasar Minggu ini secara gencar dilakukan oleh KIM “Gentong Mas”






0 komentar:

Posting Komentar